PENGARUH EDUKASI VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN PENATALAKSANAAN BENCANA GEMPA BUMI PADA SISWA SD NEGERI 15 KOTA PAGAR ALAM

Main Article Content

Apriyani Apriyani

Abstract

Latar Belakang: Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang paling mengancam kehidupan. Bencana gempa bumi dapat menyebabkan kehilangan nyawa dalam skala yang besar dan tidak dapat diprediksi. Beberapa penyebab terjadinya gempa bumi adalah adanya sumber panas bumi, meletusnya gunung berapi, dan pergerakan lempeng. Salah satu bentuk pendidikan kebencanaan dalam meningkatkan pengetahuan siswa terhadap penatalaksanaan bencana gempa bumi yaitu dengan melakukan suatu penyuluhan tentang penatalaksanaan bencana tentang bencana gempa bumi dengan memberikan sebuah edukasi melalui media audiovisual.  Tujuan penelitian: Diketahui pengaruh nilai pre test dan post test edukasi video animasi terhadap pengetahuan penatalaksanaan bencana gempa bumi pada siswa SD Negeri 15 Kota Pagar Alam. Desain penelitian: Penelitian ini merupakan Pra Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain one group pre-test & post-test. Hasil penelitian: menunjukan nilai rata-rata pengetahuan sebelum diberikan intervensi edukasi melalui video animasi penatalaksanaan bencana gempa bumi nilai median 11,00. Dan sesudah diberikan intervensi nilai median 13,00 jadi hasil intervensi sebelum dan sesudah meningkat sebanyak 2.00 dengan nilai p-value .001 lebih kecil dari alpha (α) 0.05. Kesimpulan: ada pengaruh nilai pengetahuan setelah dibandingkan dengan sebelum dilakukan intervensi edukasi video animasi terhadap pengetahuan anak tentang penatalaksanaan bencana gempa bumi di  SDN 15 Kota Pagar Alam tahun 2023.


 


Kata Kunci           : Video animasi,penatalaksanaan,Gempa Bumi

Article Details

How to Cite
1.
Apriyani A. PENGARUH EDUKASI VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN PENATALAKSANAAN BENCANA GEMPA BUMI PADA SISWA SD NEGERI 15 KOTA PAGAR ALAM. maskermedika [Internet]. 18Jun.2024 [cited 6Dec.2024];12(1):146-5. Available from: http://mail.jmm.ikestmp.ac.id/index.php/maskermedika/article/view/614
Section
Articles